Tahun Ayam Api 2017

Berdasarkan filosofi Tiongkok, nasib (kesuksesan maupun kegagalan) seseorang, ditentukan oleh tiga faktor, yaitu faktor langit, bumi dan manusia. Faktor langit adalah sesuatu yang tidak dapat diubah, yaitu yang berhubungan dengan tanggal lahir dan perjalanan waktu. Faktor bumi, adalah energi di lingkungan seseorang, baik itu energi dari bangunan, maupun energi dari orang lain (pasangan, teman, partner). Faktor manusia, meliputi perilaku dan pendidikan, termasuk di dalamnya adalah amal ibadah, ketekunan, pengalaman, jejaring, motivasi, dan lain-lain. Beranjak dari filosofi ini, maka pergantian tahun, merupakan bagian dari faktor langit, yang berarti akan membawa dampak bagi setiap orang.

Tahun Monyet Api akan segera berlalu, berganti ke tahun Ayam Api 2017, tepatnya mulai 4 Februari 2017 (meski tahun baru Imlek jatuh pada tanggal 28 Januari 2017). Perayaan Imlek, perhitungan nya didasarkan pada kalender bulan. Sedangkan untuk perhitungan energi (Astrologi), perhitungan energi berdasarkan kalender matahari (kalender 10 ribu tahun/ Hsia calendar).

Ayam merupakan elemen Logam Yin, dengan demikian Ayam Api merupakan pertemuan antara elemen Logam dan Api. Logam dan Api merupakan pasangan elemen yang tidak harmonis (clash). Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa di tahun 2017, akan didominasi ketidakharmonisan dalam berbagai jenjang. Lebih dalam lagi, Api Yin merupakan simbol eksplosi, sehingga di tahun 2017 intensitas terorisme tidak akan berkurang dibanding tahun 2016 (yang juga berunsur Logam Api) Oleh karena itu, tingkatkan terus kewaspadaan. Ketidakharmonisan tersebut juga menyiratkan adanya bencana gunung meletus dan kebakaran, kecelakaan penerbangan.

Dilihat dari pendekatan teori bintang terbang, tahun Ayam Api 2017, menempatkan bintang terbang 1 di sektor pusat. Hal ini berarti, akan ada masalah yang cukup besar mengenai air (banjir maupun kekeringan).

Bisnis yang diuntungkan di tahun 2017, tidak berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu bisnis yang berunsur Api, Air, dan Tanah. Yang termasuk dalam bisnis berelemen api, antara lain entertainment, money/ capital market, fashion, energy, toys, restaurant, café, airline (puncaknya di bulan Mei, Jun, Jul). Bisnis berelemen air, antara lain distribusi, shipping, transportation, communication, minuman. Bisnis berelemen tanah, antara lain properti, pengolahan makanan, asuransi, pertambangan.

Sedangkan bisnis yang mendapat tantangan cukup besar di tahun 2017, adalah bisnis yang berelemen Kayu dan Logam. Bisnis yang berelemen Logam, antara lain: otomotif, mesin, komputer, hi tech industry, skincare, health business, banking. Bisnis yang berelemen Kayu adalah: textile, fashion, books, publications, newspaper, magazine, paper, forestry, wood furniture. Dengan mengetahui bisnis yang mendapat tantangan lebih besar dibanding bisnis yang berelemen lain, dapat dijadikan justifikasi dalam mengambil langkah-langkah antisipatif.

Pergantian tahun, juga berdampak pada energi bangunan (San Yuan Feng Shui). Ilmu Feng Shui Bintang Terbang, berdiri di atas logika bahwa energi akan terus berubah seiring dengan perjalanan waktu, baik itu jam (pagi, siang, malam), harian (ada 10 energi), bulanan (musim dingin, semi, panas, gugur), tahunan (ada 12 animal sign), dan duapuluh tahunan (ada sembilan periode). Dengan demikian, pada satu titik waktu, ada lima kekuatan energi yang saling berinteraksi.

Akan tetapi, lazimnya pada momentum pergantian tahun, fokus perubahan energi hanya melihat pada energi tahunan. Di tahun Ayam Api 2017, bintang yang tidak menguntungkan (yaitu bintang 5, 2, 7) berada di sektor Selatan, Barat Daya, dan Barat Laut. Harus waspada jika titik-titik penting dalam sebuah bangunan (pintu utama, kamar tidur, dapur/ kompor, tangga) terletak di sektor tersebut. Memasang genta angin dari logam (feng ling) di sektor Selatan, menempatkan rangkaian enam koin logam di sektor Barat Laut, merupakan salah satu solusi.

Sektor Tai Sui (Bintang Yupiter/ Grand Duke) ada di sektor Barat. Jangan sekali kali mengusik sektor ini dengan kegiatan menggali, merobohkan/ merenovasi sektor Barat. Hindari duduk menghadap Barat, untuk tahun 2017. Demikian pula untuk sektor dimana San Sha berada, yaitu Timur, Tenggara, Timur Laut, jangan membuat kegaduhan di sektor ini. Kegaduhan di sektor Tai Sui maupun San Sha, akan membangunkan energi jahat bangunan tersebut, yang berpotensi menjadi biang masalah (kesehatan, kemakmuran) bagi para penghuninya.

Besar kecilnya dampak perubahan energi tahunan bagi tiap individu, selain faktor energi bangunan, tergantung juga pada faktor manusianya itu sendiri, seperti kerja keras, disiplin, jujur, ulet, amal dan ibadah. Terlepas dari tahun apapun yang sedang berjalan, selalu lakukan yang terbaik untuk diri kita maupun orang lain.

Selamat memasuki Tahun Ayam Api 2017