Jangan Memprediksi Keberuntungan Berdasarkan Shio saja

Menjelang pergantian tahun, pada berbagai kesempatan, banyak yang menanyakan bagaimana keberuntungan shio (animal sign) tertentu di tahun yang akan datang. Bagus nggak? Jiong nggak? Bagaimana cara mengatasinya? Bagi saya, sulit menjawab pertanyaan seperti itu. Bukan karena saya tidak mempelajari karakterisitik sebuah Shio (animal sign), namun Shio saja tidak cukup. Ada data lain yang juga harus diperhitungkan bersama-sama dengan Shio.

Ilmu Metafisika Tiongkok yang mempelajari tentang kehidupan pribadi seseorang, salah satunya adalah Ba Zi (baca: pa’ che), yang berarti delapan elemen. Data yang dibutuhkan untuk analisis Ba Zi adalah jam dan tanggal lahir, serta jenis kelamin. Data lahir tersebut ditransformasi menjadi delapan elemen (dua elemen dari jam, dua dari tanggal, dua dari bulan, dan dua dari tahun), dengan mengacu pada kalender sepuluh ribu tahun (Hsia Calender).

Contoh dari delapan elemen (sering disebut juga peta nasib), adalah sebagai berikut:

ba zi chart

Shio merupakan satu elemen dari delapan elemen yang dimiliki seseorang, terletak di pilar tahun. Dalam gambar tersebut adalah Shen (E9) yang dikenal dengan Shio Monyet (elemen Logam Yang). Meskipun pengaruh Shio (pilar tahun) lebih besar dibandingkan yang lain, tidak berarti pula ke tujuh elemen yang lain dapat diabaikan.

Membaca peta nasib, harus bertitik tolak pada elemen diri (dalam contoh tersebut Bing H3 – Api Yang). Keberadaan jenis dan posisi elemen yang lain, dapat memberikan gambaran yang komprehensif terhadap diri seseorang (mengenai kesehatan, karakter, relasi, keluarga, keberuntungan langit, dan lain lain).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *