Tips Feng Shui

Tips Feng Shui yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini adalah 24 tips feng shui yang perlu untuk diketahui. Rumah membutuhkan pasokan energi dari lingkungannya, khususnya dari depan rumah (dimana terletak pintu masuk). Jika di depan rumah tidak ada lahan terbuka (tidak ada ming tang/ no bright hall), tempatkan kolam air mancur di dekat pintu masuk rumah, atau pasang lampu yang cukup terang di sektor tersebut.

  1. Hindari menempatkan aquarium di dalam kamar, apalagi jika besar. Energi ’Yang’ dari aquarium tersebut tidak dibutuhkan oleh manusia ketika tidur. Namun jangan khawatir, segelas air minum di kamar anda tidak memiliki pengaruh apa-apa.
  2. Posisi tempat tidur, harus bersandar pada dinding yang solid (tembok), jangan pada jendela. Akan tetapi, apabila kondisi kamar tidak memungkinkan menyandarkan tempat tidur pada dinding, dan kemungkinannya hanya pada jendela, maka pasanglah gordyn yang tebal pada jendela tersebut.
  3. Pintu utama dan pintu belakang rumah, jangan sampai berhadapan langsung (segaris). Jika sudah terlanjur, tempatkan sekat di antaranya, sedemikian rupa sehingga udara yang masuk tidak langsung keluar melalui pintu belakang, melainkan berbelok-belok terlebih dahulu. Jika tidak, hal ini menyebabkan ruangan-ruangan yang ada dalam rumah tersebut tidak mendapatkan suplai energi yang cukup.
  4. Rumah yang lebih rendah dari pada jalan, pada dasarnya memiliki energi yang buruk. Jika kondisi sudah demikian, usahakan membangun rumah bertingkat, dengan menempatkan kamar tidur dan ruang makan di lantai atas sehingga kedua ruang itu lebih tinggi dari jalan.
  5. Tangga yang terletak menghadap dan dekat pintu utama. Samarkan dengan penyekat/ sketsel/ lemari, sehingga tangga tidak terlihat langsung dari pintu masuk.
  6. Energi yang baik, dihasilkan dari lingkungan yang baik. Kebersihan, kerapian, dan kenyamanan merupakan syarat lingkungan yang baik. Penuhi syarat ini terlebih dahulu, sebelum menerapkan prinsip feng shui lainnya.
  7. Jangan sembarangan meletakkan rangkaian bunga segar di dalam rumah. Pada posisi tertentu, bunga segar akan mengaktifkan keberuntungan asmara penghuni tertentu.
  8. Cermin merupakan benda yang digunakan untuk memantulkan energi. Tidak tepat menempatkan cermin langsung menghadap pintu utama.
  9. Jangan menata kursi membelakangi sudut ruangan, sekalipun dengan alasan menghadap arah baik anda. Membelakangi sudut ruangan berarti tiada support energi bagi anda.
  10. Buanglah barang yang sudah tidak terpakai, jangan menyimpannya sekalipun di gudang. Hal ini bukanlah perkara yang muda. Clutter akan mengganggu kualitas dan kuantitas energi.
  11. Jika setelah melewati tahun 2004 bisnis/toko anda mengalami penurunan penjualan yang drastis, ada kemungkinan disebabkan perubahan energi, dari periode 7 (1984-2004) ke periode 8 (2004-2023)
  12. Air harus bersih (akuarium/ kolam) untuk menghasilkan energi Chi yang baik. Sebaliknya, air akuarium/ kolam yang kotor akan memproduksi energi yang buruk.
  13. Hindari memasang lampu gantung tepat di atas tempat tidur. Karena akan merusak energi yang dibutuhkan untuk beristirahat.
  14. Jangan menempatkan meja kerja atau kamar tidur, di bawah tangga. Di bawah tangga, Chi akan tertekan.
  15. Jangan membuat desain pagar, dengan sudut runcing yang mengarah ke dalam rumah. Hal itu sama halnya dengan merusak energi yang akan masuk ke dalam rumah.
  16. Dalam merancang sebuah bangunan, usahakan bangunan tersebut berbentuk persegipanjang atau bujur sangkar, supaya terdapat keseimbangan energi di dalamnya.
  17. Jangan tempatkan kolam air persis di tengah bangunan. Karena akan mendatangkan masalah kesehatan (jantung).
  18. Jangan tempatkan dapur tepat di tengah bangunan, karena berpotensi besar menyebabkan sesak nafas/ mengganggu organ pernafasan (paru-paru, tenggorokan)
  19. Untuk bangunan bertingkat, pastikan bahwa pintu utama, kamar tidur, ruang makan, tidak berada di bawah km/wc (toilet). Satu-satunya solusi adalah dengan menghindarinya.
  20. Usahakan sebisanya untuk menyembunyikan kolom (balok). Menjadikan kolom sebagai aksen dalam interior, merupakan hal yang buruk. Energi dalam rumah tersebut rusak. Terlebih buruk lagi jika tempat tidur, kasir, meja kerja, kompor, berada di bawahnya.
  21. Samarkan kolom/ balok atap rumah dengan menutupnya dengan plafon. Sedangkan kolom di sudut ruangan, dapat disamarkan dengan menutupnya dengan cermin.
  22. Hindari menempatkan dapur (kompor) di sektor Barat Laut, hal ini melambangkan: Membakar Gerbang Langit. Berbahaya untuk kesehatan ayah/ suami.
  23. Dua pintu yang saling berhadapan memang kurang menguntungkan, khususnya yang terlalu dekat (kurang dari 3 meter). Tempatkan lampu yang terang di antara dua pintu tersebut.
  24. Jangan menata meja kerja anda membelakangi pintu masuk. Jangan pula menata meja persis di depan pintu. Keduanya akan menyebabkan masalah besar (dalam pekerjaan maupun kesehatan).

2 thoughts on “Tips Feng Shui”

  1. Mau tanya, sebagai karyawan sy tidak bisa seenaknya mengatur posisi tempat duduk dan meja kerja.

    Kalau posisi meja kerja persis berhadapan dengan pintu masuk, dan dari penjelasan diatas itu memang tdk baik…. kira kira tips utk kondisi spt ini apa ya ? sementara saya tidak punya kuasa mengatur layout meja kerja.

    tks

    1. Pak Bambang, maaf balasan sangat terlambat.. ada kendala teknis.
      Jika memang tempat kerja tidak menguntungkan, anda bisa fokus untuk menata feng shui rumah anda.
      feng shui rumah pengaruhnya sangat besar bagi keberhasilan usaha.
      salam,
      lk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *