Aliran-aliran Feng Shui

Aliran-aliran Feng Shui

Feng shui memiliki banyak aliran, namun dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok utama, yaitu feng shui bentuk (form feng shui) dan feng shui arah (compass feng shui).

Feng shui bentuk berbicara tentang tata letak bangunan secara umum. Beberapa prinsip feng shui bentuk yang sangat populer adalah pintu rumah tidak boleh kena tusuk sate (meski ada perkecualian), ruang makan (lantai 1) tidak boleh  berada di bawah kamar mandi/ WC (lantai 2), tempat tidur di lantai atas, tidak boleh berada di atas kompor di lantai bawahnya, dan lain-lain

Sedangkan feng shui arah, berbicara tentang distribusi energi di suatu bangunan/ ruangan berdasarkan arah hadap (location) dan kapan bangunan tersebut ‘lahir’  (timing). Penerapan feng shui arah pada sebuah bangunan ini digunakan untuk menetralisir/ menutup kelemahan ba zi penghuninya. Oleh karena energi yang terdistribusi memiliki makna dan dampak yang berbeda-beda, analisis feng shui arah ini terkesan kompleks dan rumit.

Kedua aliran feng shui ini sama pentingnya, karena saling melengkapi. Ibarat komputer, feng shui bentuk adalah hardware-nya, sementara ba zi dan feng shui arah adalah software nya. Jadi, sebuah komputer akan beroperasi secara optimal, jika hardware-nya baik disertai dengan software yang sesuai/compatible.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *